lgATVVisfeTh3DE70mQSUaOuWibz6d5S9OyiY47x

Manfaat Kesehatan Susu Kedelai


Susu kedelai memiliki banyak manfaat bagi tubuh, diketahui bahwa susu yang terbuat dari bahan nabati ini mengandung beragam nutrisi untuk kesehatan. Dapat dikonsumsi sebagai alternatif bagi yang alergi susu sapi atau sedang menderita kondisi medis tertentu.

Seperti namanya, susu kedelai dibuat dari bahan kedelai, pembuatannya pun mudah, biji kedelai direndam dalam air untuk kemudian dihaluskan, lalu direbus. Hasil saringan dari kedelai yang direbus itulah disebut susu kedelai.

Susu kedelai memiliki kelebihan bila dibandingkan produk susu nabati lainnya, yaitu kandungan gizi yang mirip dengan susu sapi rendah lemak.

Susu Kedelai (Kandungan Gizi)


Terdapat sekitar 100 kalori dalam satu gelas susu kedelai, nutrisi lainnya antara lain; protein nabati, karbohidrat, serat, dan lemak.

Adapun kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalamnya antara lain; vitamin B, vitamin A, vitamin D, kalsium, kalium, Fosfor, dan zat Besi. Selain itu susu kedelai juga memiliki kandungan antioksidan, seperti Isoflavon dan Flavonoid.

Susu kedelai kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, baik dikonsumsi ibu hamil, anak-anak, orang dewasa, dan ibu menyusui.

Manfaat Susu Kedelai


Banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat dalam susu kedelai, dapat memberikan ragam manfaat bagi tubuh, antara lain:

1. Alternatif Susu Sapi

Bagi kamu yang alergi susu sapi atau intoleransi laktosa, sedang menjalani pola vegetarian, atau tidak suka terhadap rasa susu sapi. Susu kedelai dapat menjadi salah satu pilihan terbaik.

Susu kedelai tidak mengandung laktosa serta protein pemicu alergi seperti yang terdapat di susu sapi.

2. Untuk Kesehatan Tulang

Tingkat kepadatan tulang dapat berkurang seiring bertambahnya usia, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tulang dan terlindung dari pengeroposan, adalah dengan mengkonsumsi susu kedelai.

Selain kaya akan kalsium, vitamin D di dalam susu kedelai juga dapat membantu memperkuat tulang dan mengurangi resiko osteoporosis.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Sebagai makanan yang baik dikonsumsi sebagai alternatif susu sapi, susu kedelai memiliki kandungan vitamin, mineral, serta protein yang baik untuk menjaga imunitas tubuh, menghasilkan antibodi,  dan mendukung kinerja sel darah putih.

Di samping manfaat tadi,  susu kedelai dikenal juga sebagai sumber antioksidan yang baik. Kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas dan virus bakteri penyebab penyakit, dapat dicegah oleh adanya kandungan antioksidan dalam susu kedelai.

4. Dapat Mengurangi Gejala Menopause

Seiring bertambahnya usia, produksi hormon estrogen dalam tubuh akan berkurang, yang menjadi salah satu penyebab gejala menopause pada wanita, antara lain; vagina kering, kelelahan, rasa panas dan keringat di malam hari.

Mengkonsumsi susu kedelai secara rutin dapat meredakan gejala menopause, banyak penelitian menunjukkan kandungan isoflavon pada susu kedelai bersifat Fitoestrogen yang dapat menjaga kadar hormon estrogen tetap seimbang dalam tubuh.

5. Mencegah Anemia

Bagi kamu yang memiliki gejala anemia, susu kedelai sangat bagus untuk dikonsumsi. Kandungan zat besi, folat, vitamin B12, dapat membantu produksi sel darah merah, sehingga mampu mencegah anemia.

Susu kedelai dapat menjadi sumber nutrisi yang baik, karena dapat mencegah anemia dengan cara meningkatkan sel darah merah.

6. Mengurangi Resiko Penyakit Kanker

Selain berbagai manfaat di atas, kandungan isoflavon dalam susu kedelai dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker, khususnya kanker prostat pada pria. 

Mengkonsumsi dengan rutin dan takaran yang benar dapat mengurangi resiko kanker payudara. Hal ini tentunya juga harus dibarengi dengan kebiasaan berhenti merokok, menjauhi minuman alkohol, pola makan sehat, rutin olahraga, dan mengurangi stres.

7. Melindungi Kesehatan Jantung 

Kandungan dalam susu kedelai seperti protein, kalium, Omega-3, dan antioksidan sebagai sumber nutrisi  untuk menurunkan kadar kolesterol jahat serta meningkatkan kolesterol baik, juga menjaga kestabilan tekanan darah.

Itulah mengapa susu kedelai disebut mampu mengurangi resiko penyakit jantung.
Related Posts
Lebih baru Terlama

Related Posts

Posting Komentar